PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI ACADEMIC ANXIETY PADA SISWA KELAS XII DI MAN 1 CIREBON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru bimbingan dan konseling (BK) dalam mengatasi academic anxiety pada siswa kelas XII di MAN 1 Cirebon. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan siswa yang mengalami kecemasan berlebihan dalam menghadapi situasi akademik, yang berdampak pada performa belajar dan kondisi mental. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa guru BK berperan sebagai motivator, direktor, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator dalam membantu siswa dengan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy terbukti efektif dalam mereduksi kecemasan akademik dan membantu siswa berpikir lebih rasional serta tenang dalam menghadapi tantangan akademik. Dukungan emosional dari guru BK juga menjadi faktor penting dalam perubahan positif siswa.