Analisis Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar dan Implikasinya terhadap Strategi Pembelajaran Adaptif

Authors

  • Fitria Kasih Universitas PGRI Sumatera Barat Author
  • Rahmi Dwi Febriani Universitas Negeri Padang Author
  • Ulfa Nofutri Universitas PGRI Sumatera Barat Author
  • Isabel Intan Pandini Universitas PGRI Sumatera Barat Author

Abstract

Pendidikan dasar memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, pola pikir, serta mengembangkan potensi belajar anak. Pada masa ini, terjadi perkembangan pesat pada aspek kognitif, sosial, dan emosional, sehingga pendekatan pembelajaran perlu disesuaikan dengan karakteristik individual siswa, termasuk gaya belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa sekolah dasar dan memberikan rekomendasi strategi pembelajaran yang sesuai bagi guru dan orang tua. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 79 siswa dari dua sekolah dasar di Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar auditori merupakan yang paling dominan (48,9%), diikuti oleh visual (39,7%) dan kinestetik (11,4%). Temuan ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa cenderung lebih memahami materi melalui pendengaran dan visualisasi. Oleh karena itu, penerapan strategi pembelajaran multimodal yang menggabungkan elemen auditori, visual, dan kinestetik sangat diperlukan untuk mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemetaan gaya belajar sebagai dasar pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif, adaptif, dan inklusif di tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles