MEMPERSIAPKAN SISWA SMK UNTUK DUNIA KERJA MELALUI PELATIHAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) PK3 (PELATIHAN KETERAMPILAN KESIAPAN KERJA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi kesehatan mental dan keterampilan public speaking dalam persiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melalui Pelatihan Keterampilan Kesiapan Kerja (PK3) dalam kerangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, diskusi kelompok terfokus (FGD), observasi partisipatif, dan dokumentasi di beberapa sekolah SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum dan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan mental. Terdapat sinergi positif antara kesehatan mental dan keterampilan public speaking, di mana siswa yang memahami kesehatan mental cenderung lebih siap menghadapi tantangan berbicara di depan audiens. Dukungan sosial antar siswa selama pelatihan juga berkontribusi pada lingkungan belajar yang positif.