Dampak Speech Delay Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Usia Taman Kanak-Kanak (TK)
Abstract
Maraknya penyandang speech delay di Indonesia telah menjadi perhatian penting bagi berbagai pihak terutama orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak speech delay terhadap perkembangan emosi dan sosial anak usia taman kanak-kanak (TK). Studi kepustakaan dilakukan dengan menggunakan teknik analisis konten terhadap berbagai literatur yang relevan melalui pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa speech delay memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan emosi dan sosial anak. Anak-anak yang mengalami speech delay cenderung mengalami kesulitan dalam mengekspresikan emosi, membangun hubungan sosial, dan beradaptasi dengan lingkungan. Penyebab speech delay bersifat multifaktorial, yakni dapat melibatkan faktor biologis dan lingkungan. Intervensi dini sangat penting untuk mengatasi speech delay dan memaksimalkan potensi perkembangan anak, dimulai dari kesadaran orang tua melibatkan anak dalam percakapan sehari-hari. Besar harapan, penelitian ini dapat memberi sumbangan literatur keilmuan Psikologi Pendidikan bagi peneliti selanjutnya dan dapat membentuk kesadaran orang tua dalam mengasuh anak.