Psikologi Perkembangan Anak Sekolah Dasar Korban Perceraian Orang Tua serta Implikasinya terhadap Motivasi Belajar

Authors

  • Nur Rahmadhani Sholehah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih dalam mengenai psikologi perkembangan anak seekolah dasar dari korban orang tua yang bercerai dengan melihat aspek perkembangan kognitif, sosial, dan emosianal anak serta implikasinya terhadap motivasi belajar anak. Pendekan penelitian ini yaitu penelitian kualutataif dengan study literature dengan teknik pengumpulan data mengkaji dan mendapatkan dari berbagai sumber buku, jurnal serta laporan yang berkaitan dengan psikologi perkembangan anak sekolah dasar korban perceraian orang tua serta implikasinya terhadap motivasi belajar. Penelitian ini. Teknik analisis penelitian ini menggunakan teknik konten analisis. Hasil penelitian ini menunjukan, perceraian orang tua berdampak signifikan pada aspek psikologi perkembangan anak yang berada di usia Sekolah Dasar, khususnya dalam dimensi kognitif, sosial, dan emosional. Terlebih lagi pada motivasi belajar anak akan memberikan pengaruh seperti menurunnya semangat belajar, tingkat kepercayaan diri yang menurun, prestasi belajar yang menurun. Upaya yang dilakukan guru bisa dengan memberikan bimbingan dan konseling terhadap anak, memberikan perhatian dengan memberikan pujian terhadap perkembangan anak, serta menerapkan berbagai strategi belajar yang mampu menigkatkan motivasi anak dalam belajar. Sedangkan orang tua berupaya untuk saling bekerja sama dalam mengurus dengan memberikan perhatian lebih kepada anak sehingga anak tidak merasa kekurangan perhatian dan memicu motivasi belajarnya

Downloads

Published

2025-09-30

Issue

Section

Articles